MITRAPOL.com - Kelurahan Tanjung Duren Utara mengadakan giat pembinaan posyandu tingkat kota bersama untuk persiapan kota sehat tingkat nasional Tahun 2017.
![]() |
Acara itu dihadiri Sekkel Tanjung Duren Utara. M. Ghufri Fatchank S.M, Kasipem A. Rosyid, Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat Eldi Andi, Asisten Kesra, Sudin Kesehatan dan seluruh jajaran Walikota Jakarta Barat, Jl. Tanjung Duren Utara II, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (19/10/2017).
Dalam kesempatan tersebut M. Ghufri Fatchani S.M, menjelaskan tentang menjalin kemitraan dengan lintas sektor terkait serta masyarakat dapat membantu upaya meningkatkan kesehatan Ibu.
“Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian Ibu dan Bayi (Balita), di Kelurahan Tanjung Duren Utara,"ucap M. Ghufri Fatchani.
Eldi Andi Menjelaskan, posyandu sangat penting keberadaannya disetiap tingkat Kelurahan dan tingkat RW, salah satu tonggak kesehatan ditentukan oleh kesehatan Balita sebab sejak awal kehidupan (janin, Balita) merupakan modal dasar proses tumbuh kembang selanjutnya, pertumbuhan dan perkembangan adalah berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan.
“Hal ini berhubungan dengan interaksi genetik dan lingkungan karena banyaknya faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang balita, diantaranya adalah faktor genetik keturunan dan hormonal baik pre natal maupun post natal, pertumbuhan dan pengelola dan memanfaatkan posyandu, karena posyandu adalah milik masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan ditujukan untuk kepentingan umum," ungkap Eldi Andi.
Masih katanya, Walikota Jakarta Barat akan memasak aplikasi Customer Relation Management (CRM), sesuai amanat Pergub Nomor 128 tahun 2017 tentang penyelenggaraan penanganan pengaduan masyarakat melalui aplikasi CRM, “gunanya untuk penanganan pengaduan warga yang dilaporkan melalu qlue yang selanjutnya dimasukkan ke dalam CRM, dan kalau membutuhkan koordinasi dengan intansi terkait, Lurah bisa mengkoordinadikan melalui aplikasi CRM," imbuh Eldi Andi.
Reporter : sugeng
:
comment 0 komentar
more_vert