MASIGNCLEANSIMPLE101

Pasca Nias Pro Silver Discoverer Berbendera Nasau Bahamas, Kunjungi Nias Selatan

MITRAPOL.com – Baru sebulan pasca pelaksanaan Nias Pro, sebuah event berstandar Internasional yaitu pertandingan Surfing / Selancar yang diikuti oleh 8 Negara, kini Silver Discoverer sebuah kapal pesiar berbendera Nasau, Bahamas, Tonase 5000 mengangkut seratusan rombongan wisatawan Mancanegara dan bersandar di Pulau Tello, Minggu(16/9).


Kedatangan rombongan wisatawan yang sebelumnya telah singgah di Pulau Dewata (Bali) dan Padang, Sumatera Barat ini difasilitasi oleh Go Nias Travel. Rombongan disambut dengan atraksi budaya masyarakat Pulau Tello.

Sebagai wisatawan mereka ingin memuaskan diri menyaksikan pesona wisata bahari yakni keindahan laut dan Pulau- Pulau serta keunikan budaya Nias Selatan khususnya budaya masyarakat Tello yang juga dikenal dengan nama Pulau-pulau Batu ini.


Tepat pukul 13.00 Rombongan tiba di pelabuhan Tello dan disambut oleh tokoh adat dan unsur Muspika wilayah itu. Puluhan kaum ibu dan bapak lengkap dengan pakaian adatnya lakukan pengalungan selendang adat tanda penghormatan terhadap tamu yang memasuki desanya.

Rombongan berjalan kaki menuju gedung gereja BNKP sebuah gereja bersejarah yang memiliki nilai budaya yang terikat sejarah belahan dunia bagian barat.” Selanjutnya rombongan menuju desa Hiliotalua rombongan, di Desa ini para wisatawan dipuaskan dengan berbagai atraksi budaya diantaranya Tari Perang dan Maluaya (tarian disertai nyanyian berbalas-balasan). Para wisatawan sangat menikmati suguhan atraksi budaya masyarakat Pulau Telo.


Dalam sambutannya Camat Pulau-pulau Batu (Pulau Tello) Tukairi Bawaulu menjelaskan bahwa masyarakat Pulau Telo ini merupakan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai budaya sehingga setiap tamu yang berkunjung tetap dilaksanakan atraksi budaya sebagai tanda penghormatan atas kedatangan Tamu dan jadi alat pemersatu masyarakatnya.”ungkap Tukairi

“Selanjutnya Tukairi menyampaikan kepada para wisatawan agar tidak ragu untuk selalu singgah di pulau tersebut karena warganya tak pernah menolak tamu yang berkunjung. “Jangan pernah ragu singgah di Pulau ini karena kami akan tetap memberi pelayanan terbaik kepada tamu yang datang kesini karena kami selalu terbuka dan menghargai setiap tamu yang mengunjungi kami.”tandasnya.
Salah seorang yang mewakili wisatawan menyampaikan kepada masyarakat Tello bahwa mereka sangat senang penyambutan yang warga berikan kepada mereka dan berjanji akan menyampaikannya kepada rekan rekan mereka diseluruh dunia agar datang mengunjungi Pulau Tello.


Sekretaris Disbudparpora, Iradat Fau didampingi kepala bidang Pemasaran Patrianus Saota. yang datang mendampingi dan memfasilitasi kegiatan tersebut mengharapkan masyarakat memberikan kenyamanan kepada tamu yang mengunjungi Pulau itu sesuai dengan adat budaya terbaik Nenek Moyang Nias Selatan.

“Selanjutnya Iradat mengatakan pemerintah akan terus memotivasi dan membangun sanggar-sanggar budaya terlebih pembangunan berbagai fasilitas yang mengarah pada pengembangan wisata budaya dan bahari.”ungkap Iradat

Usai kegiatan atraksi budaya sekira pukul 17.00 para wisatawan kembali ke kapal pesiar yang dijadwalkan esok harinya akan bertolak menuju desa Bawomataluo menyaksikan atraksi Lompat Batu dan Tari Perang.



Reporter : Eman
Editor     : M S

:
Unknown