MASIGNCLEANSIMPLE101

Ricuh Dualisme Warnai Pelantikan, Ketua DPD KNPI Merauke : Marilah Kita Bersatu Untuk Membangun Merauke

MITRAPOL.com - Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Propinsi Papua yang di wakil oleh Wakil Ketua Advokasi Bidang HUKUM dan HAM DPD KNPI Propinsi Papua, Yan Kristian Arebo dan didampingi oleh Sekretaris Umum DPD KNPI Propinsi Papua Muhamad Fajri Nuh. Secara Resmi Melantik Ketua DPD KNPI Kabupaten Merauke, Esau Hombore, S. Stp, M.Si, Bertempat di Hoel ITESE Kabupaten Merauke, Jumat (26/8).

Pelantikan Ketua DPD KNPI Kab. Merauke, Jumat (26/8). 

Pelantikan sendiri berjalan panas lantaran didatangi pendukung KNPI yang menamakan dirinya Kubu Hendrik Mahuse dan sempat terjadi bentrok dengan pendukung KNPI yang dilantik. Dualisme KNPI di Merauke sendiri sudah berjalan lama karena alasan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Bentrok ini sendiri menurut pendukung KNPI Kubu Hendrik Manise yang mengatakan bahwa pelantikan ini tidak Sah dan bukan Putra Asli Daerah serta belum sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

"Pelantikan ini tidak Sah, itu bukan anak asli Merauke, (Marind) asli pribumi,” ujarnya.

Namun demikian kegiatan pelantikan tetap berjalan hingga berakhir. Melihat kondisi memanas Polres Merauke menurunkan anggota yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Merauke, Marthin Koagouw, SH. Polisi mengambil inisiatif menghubungi Bupati Merauke untuk mempertemukan kedua belah pihak KNPI dengan Bupati dan Kapolres serta Dandim Merauke.

Suasana panas antara dua kubu yang berhasil dilerai pihak keamanan
Di sela kegiatan berlangsung Polisi mencairkan suasana dan mempertemukan Kedua Belah Pihak dengan Bupati Merauke.

Usai Pelantikan dilaksanakan Wakil Ketua Advokasi Bidang Hukum dan Ham DPD KNPI Propinsi Papua, Yan Kristian Arebo mengatakan, "Pelantikan ini adalah Agenda Konsolidasi Pengurus DPD KNPI Propinsi, ini adalah hasil Kongres Luar Biasa KNPI Pusat menyangkut Insiden Dualisme Itu wajar saja, itu bagian dari dinamika dan menjadikan proses kedewasaan kita dalam berorganisasi,” paparnya.

Lanjut dikatakan, pelantikan sudah sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Ini adalah Pelantikan Pertama DPD KNPI Tingkat Kabupaten di Wilayah Papua, “Karena sesuai agenda yang sudah kami lakukan, selesai dari sini (Merauke) kita akan menuju ke Wamena lagi, dan Kembali ditekankan lagi bahwa kedepan tidak ada lagi Dualisme KNPI di Kab. Merauke,” tegasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPD KNPI Kab. Merauke mengatakan marilah kita bersatu untuk bersama-sama membangun Merauke kedepanya. Pintu akan selalu terbuka untuk kita bergabung bersama-sama demi memajukan Merauke.

Hingga berita ini ditayangkan suasana kembali kondusif dan kedua belah pihak sedang tatap muka dengan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, S.Sos. M.Si dengan Kapolres Merauke dan Dandim Merauke. ■ qodri
:
Unknown