MASIGNCLEANSIMPLE101

Resmi Jabat Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin : Fokusnya Ada 3 Yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya

MITRAPOL.com - Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si., resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri).

Kapolri Jenderal Pol Drs. H.M Tito Karnavian saat melantik Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafruddin di gedung Rupatama Mabes Polri, Sabtu (10/09).  (Foto : tri wibowo/istimewa). 

Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si yang menggantikan Jenderal Pol Drs. Budi Gunawan, SH, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), dilantik langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Drs. H.M Tito Karnavian, M.A, Ph.D di Gedung Rupatama Mabes Polri yang berada di Jl. Trunojoyo Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Sabtu (10/09/2016)

Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si pria kelahiran Ujung Pandang 14 April 1961 yang merupakan alumni dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985, dan dalam karirnya pada tahun 2004-2009 pernah menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang pada saat itu masih berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), pada tahun 2009 menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), pada tahun 2012 menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol), dan pada tahun 2015 menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) dengan pangkat Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol), hingga kini menggantikan Budi Gunawan sebagai Wakapolri.

(Foto : istimewa)

Dalam pelantikan Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si diambil sumpahnya dengan disaksikan oleh Kapolri beserta seluruh jajarannya. Pelantikan yang dimulai pukul 08:00 dihadiri banyak undangan terutama pejabat Polri, termasuk anggota DPR dari PDI Perjuangan Maruarar Sirait.

"Saya bersumpah, bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya juga berjanji tidak akan melakukan praktek KKN dan gratifikasi, serta senantiasa bekerja demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, bukan kepentingan pribadi maupun golongan," kata Komjen Pol Drs. Syafruddin saat mengucapkan sumpah.

(Foto : istimewa)

Jenderal Pol Drs. H.M Tito Karnavian, M.A, Ph.D selaku Kapolri, dalam wawancaranya seusai acara pelantikan mengatakan bahwa dirinya memilih Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si sebagai Wakapolri itu sudah berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo dan Kementerian terkait, karena kompetensi serta pengalaman bertugas di berbagai tempat dan posisinya adalah salah satu pertimbangan pengangkatan Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si sebagai Wakapolri.

Sementara seusai dilantik sebagai Wakapolri, Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si dalam wawancaranya kepada www.mitrapol.com, mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak atas dukungan kepadanya menjabat sebagai Wakapolri, dan untuk program kerja kedepannya sesuai dengan program kerja Kapolri yang menjadikan Polri lebih profesional, modern, dan terpercaya.

“Fokusnya ada 3 faktor yaitu Profesional, pembangunan sumber daya manusia di internal Polri. Modern, peningkatan dan penyempurnaan tekhnologi, modernisasi seluruh peralatan. Terpercaya, mendapatkan feed back dari publik, sehingga Polri dapat dipercaya oleh masyarakat," tutupnya. ■ tri wibowo
:
Unknown