MASIGNCLEANSIMPLE101

Kunjungan Kapolda Papua ke Merauke Diwarnai Demonstrasi

MITRAPOL.com - Kapolda Papua Irjen. Pol. Drs Waterpauw melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Merauke, Rabu (05/4/2017) kemarin. Setibanya di Merauke Kapolda langsung menyambangi Mapolres Merauke dan memimpin Apel Gabungan TNI/Polri bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke.

Kapolda Papua Irjen. Pol. Drs Waterpauw didampingi  Kapolres Merauke AKBP Taufik Irpan Awalluddin, SH

Dalam amanatnya Kapolda mengatakan, bahwa dampak dari era Globalisasi pada masyarakat menimbulkan berbagai permasalahan Kamtibmas yang semakin kompleks dan meluas, yang mana hal ini sangat mungkin terjadi kapan saja dan dimana saja, dominasi kejahatan konvensional (street crime) dengan pelaku yang berasal dari kalangan masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah.

“Mari kita jaga situasi Kamtibmas di daerah ini guna melanjutkan agenda pembangunan nasional dan pembangunan daerah baik jangka panjang maupun jangka pendek, adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan sinergitas antara Polri, TNI dan Pemda dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas, yaitu perlunya silahturahmi dan koordinasi,” jelas Waterpauw.

Melakukan, lanjutnya, pemetaan angka kriminalitas, kaji ulang produk perundangan yang potensial menimbulkan konflik kewenangan dalam penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman masyarakat, meningkatkan pertemuan rutin baik formal maupun non formal, laksanakan patroli dan razia gabungan bersama, “Kiranya kegiatan apel bersama TNI-Polri dan Pemda untuk mewujudkan Kamtibmas di Kabupaten Merauke dapat terwujud dengan baik,” tegas mantan orang Nomor Satu di Mapolda Papua Barat ini.

Namun usai Apel Gabungan dilaksanakan, sekelompok orang yang diketahui adalah keluarga besar korban meninggal akibat dibakar terkait dugaan kasus pencurian motor pada 27 Maret 2017 lalu, Menerobos masuk Mapolres Merauke yang dijaga oleh anggota Polres Merauke sambil membentangkan Spanduk bergambar korban dalam penderitaan luka bakar.

Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE.M.Si didampingi Kapolres Merauke AKBP Taufik Irpan Awalluddin, SH saat menenangkan demonstrasi massa.

Akibat Aksi tersebut Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE.M.Si didampingi Kapolres Merauke AKBP Taufik Irpan Awalluddin, SH turun menenangkan para Demonstran dan melanjutkan kegiatan kunjungan Kapolda Papua.

Bupati Merauke menyampaikan kepada Para Demonstrasi yang mayoritas adalah Ibu-Ibu Asli Papua tersebut, "Saya akan memanggil Pak Kapolda dan kami akan Tanggung Jawab, Tolong berikan waktu untuk kami agar diselesaikan sembari disetujui oleh Kapolres Merauke,” janjinya.

Para Demonstran tersebut menyuarakan agar Pelaku yang membakar korban berinisial JH agar segera ditahan dan diadili seadil-adilnya. "Kami lihat itu pelaku bukan cuma satu tapi lebih dari satu, segera usut tuntas dan jangan biarkan Mereka berkeliaran,” teriak salah satu Demonstran.

Ditempat terpisah Kapolda Papua ketika dimintai keterangan oleh Awak Media terkait hal ini tak berbicara banyak. "Ya, saya menghargai Aspirasi Mereka ini tugas wilayah, Bupati dan Kapolres sudah menangani dan berjanji akan menindak lanjuti," ucap Kapolda Papua singkat. qodri
:
Unknown