MASIGNCLEANSIMPLE101

Guncangan Gempa Lebak Selatan, Rusak Rumah Warga Sobang

MITRAPOL.com – Kerusakan rumah akibat guncangan lindu dari dalam tanah akibat terjadinya gempa bumi yang terjadi dengan kekuatan 6,4 Skala Riter (SR) pada bawah tanah yang berpusat di sebelah barat daya Kabupaten Lebak Banten, Selasa (23/1/2018).

Ilustrasi

Lindu adalah getaran jarak jauh dari pusat gempa bumi dan biasa disebut (Lini) oleh kalangan masyarakat kecamatan sobang.

Getaran lindu yang terjadi pukul 13:40 wib dapat dirasakan sangat berbeda dan lebih keras, bahkan beberapa warga mengaku belum pernah mengalami kekuatan Lindu seperti itu.

"Baru pertama kali ada lini/lindu besar sampai merusak rumah," kata H. Arpani salah satu warga kepada mitrapol.com.

Berdasarkan pantauan mitrapol.com diwilayah Kecamatan Sobang, kekuatan getaran lindu telah berdampak pada kerusakan dirumah Sudin (38) warga kampung Nyalindung Desa Sinarjaya Kecamatan Sobang Lebak-Banten.

Saksikan Videonya Disini

Sudin pemilik rumah berukuran 6×8 meter yang kini mengalami kerusakan pada bagian tembok dan nyaris roboh akibat getaran lindu tersebut harus pasrah menerima kenyataan yang dialaminya.

Kendati tidak ada luka fisik yang dialaminya,namun Sudin bersama anak dan istrinya mengaku masih kaget dan nampak shock dengan suara gemetar saat ditanya di kediamannya.

"Saya lagi main dirumah tetangga sebelah, lalu tiba-tiba terdengar istri saya teriak minta tolong, terus saya pulang dan ternyata rumah saya sudah acak-acakan hampir runtuh," terangnya.

Warga sekitar yang mengetahui langsung berkumpul untuk membantu membersihkan sisa reruntuhan dan memperbaiki beberapa bagian yang dianggap masih bisa diperbaiki untuk sementara waktu.

Namun ironisnya selama mitrapol.com, berada dilokasi, tidak nampak ada satu orangpun dari pihak pemerintah baik dari desa setempat maupun kecamatan sobang untuk melakukan pendataan guna mengupayakan bantuan dari pihak terkait di kabupaten lebak.

Reporter : CS
:
Unknown