MASIGNCLEANSIMPLE101

Tasyakuran dan Lomba Senam Meriahkan HUT Puskesmas Batu Ketulis

MITRAPOL.com – Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan, dan persalinan.

Puskesmas Batu Ketulis

Pendidikan kesehatan adalah proses membantu seseorang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya, dan orang lain.

Definisi yang bahkan lebih sederhana dan para koleganya yang menulis bahwa pendidikan kesehatan adalah kombinasi pengalaman belajar yang dirancang untuk mempermudah adaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif.

Golongan masyarakat yang dianggap 'teranak tirikan' dalam hal jaminan kesehatan adalah mereka dari golongan masyarakat kecil, dan pedagang. Dalam pelayanan kesehatan, masalah ini menjadi lebih pelik, berhubung dalam manajemen pelayanan kesehatan tidak saja terkait beberapa kelompok manusia, tetapi juga sifat yang khusus dari pelayanan kesehatan itu sendiri.

Dengan beragamnya konsentrasi dan disiplin ilmu kesehatan masyarakat, maka profesi kesehatan tidak hanya sebatas ilmu kesehatan masyarakat itu sendiri, namun berkembang sesuai peminatan yang dipilih dan bidang yang ditekuni. Profesi-profesi/jabatan dalam ranah Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Penyuluh Kesehatan, Sanitarian, Epidemiolog Kesehatan, Entomolog Kesehatan, Mikrobiolog Kesehatan, Ahli Statistik Kesehatan, Ahli Gizi Masyarakat, Health and Safety Officer (HSO)/Petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Saksikan Videonya Disini

Administrator Kesehatan dan jabatan lainnya yang berada dalam tatanan kesehatan maupun non-kesehatan.

Dapat dikatakan Program Indonesia Sehat adalah salah satu yang memiliki hasil yang baik. Prestasi mewujudkan masyarakat sehat terbuki dengan meningkatnya di UPT Puskesmas Batu Ketulis yang berlokasi di Desa Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Sudah menapaki usia 2 tahun sejak diresmikannya gedung puskesmas, pada Senin (25/4/2016) silam. Pelayanan kesehatan terus berjalan dan berkembang seirama berjalannya waktu.

Kunjungan pasien cukup banyak menggambarkan keberadaan puskesmas baru di Desa Batu Kebayan ini sangat di manfaatkan oleh Masyarakat sekitar. Wilayah kerja Puskesmas Batu Ketulis meliputi 10 Desa yaitu : Desa Batu Kebayan, Desa Way Ngison, Desa Bakhu, Desa Argomulio, Desa Atar Kuaw, Desa Sumberejo, Desa Campang Tiga, Desa Kubu Liku Jaya, Desa Luas dan Desa Atar Bawang.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Puskesmas Batu Ketulis yang ke 2 Tahun ini diadakan Tasyakuran membuat tumpeng nasi kuning, Lomba Senam dan acara lainnya, pada Rabu (17/01/2018).

Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan komunikasi yang harmonis dan efektif antara pemberi pelayanan (Puskesmas) dengan pelanggan (Masyarakat). Harapannya pelayanan puskesmas bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar khususnya dan wilayah Indonesia.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak baik dari masyarakat desa dan petugas puskesmas.

Acara dihadiri oleh Camat Batu Ketulis Drs. Hepni, Danramil Belalau Kompol Andi Sultan Spd., Kapolsek Belalau Kompol Suharjono SH., Kepala Desa/Peratin se-Kecamatan Batu Ketulis, Ibu-ibu PKK, Para Kader, Lansia, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh Lapisan Masyarakat.

Dalam sambutan nya Kepala UPT Puskemas Batu Ketulis Sarwo Edy Wahono Skm menyampaikan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional.

(dari kiri) Kepala Puskesmas Batu Ketulis dan Kepala Desa Batu Kebayan.

“Selain itu akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya di Kecamatan Batu Ketulis ini," tandas nya.

Reporter : wawan satria
:
Unknown