MASIGNCLEANSIMPLE101

Babinsa Koramil 05/Reban Bersama Babinkamtibmas Mengamankan Pertunjukan Wayang Kulit

MITRAPOL.com - Babinsa Sertu Yaryono dan Serka Afriyanto bersama Polsek Reban mengamankan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki Anom Sarjono dari Banjarnegara dengan Lakon "Sesaji Raja Suya" dihalaman balai desa Ngroto kecamatan Reban Kabupaten Batang Jawa Tengah, jumat (14/9/12).


Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Batang H.Wihaji S.Ag, Camat Reban Drs.M.Fatoni,Koramil 05/Reban diwakili serka Afriyanto, polsek Reban Aiptu Edi,kepala desa Ngroto bersama perangkat dan penonton dari desa ngroto dan sekitarnya sekitar 700 orang.

Dalam sambutanya Kepala Desa Ngroto Ikrom Mujo menyampaikan " Ucapan Terimaksih dan Selamat datang kepada Bupati Batang.

Acara Sedekah Bumi dilakukan setiap tahun oleh Desa Ngroto sebagai ucapan syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. sekaligus sebagai penolak bala, Acara sedekah bumi setiap tahun diadakan dengan berbagai cara yang berbeda tiap tahun, seperti mengadakan pertunjukan kuda lumping, pertunjukan Wayang dan berbagai macam cara lainnya yang mampu menggambarkan akan keseimbangan dalam agama dan berbudaya di masyarakat,"jelasnya.

Pada kesempatan ini Bupati Batang H.Wihaji S.Ag, mengatakan bahwa kesenian Wayang Kulit harus tetap dilestarikan seperti menyelenggarakan pertunjukan wayang pada malam hari ini, Bukan orang tua saja yang mencintai wayang, anak muda pun harus bisa mencintai wayang sebagai salah satu kesenian tradisional asli Bangsa Indonesia agar kedepan bisa diteruskan secara turun-temurun ”, ujar Bupati.

"Dalam kesenian wayangan ada tuntunan, ada tontonan, banyak tuntunan yang bisa ditiru, banyak tontonon yang menghibur. Kesenian juga merupakan hiburan bagi semua lapisan masyarakat baik dari kalangan tua, muda, laki-laki, perempuan maupun anak-anak, yang menandakan kesenian wayang tidak akan punah",imbuhnya.


Irul
:
Unknown