MASIGNCLEANSIMPLE101

Tanam Perdana Lahan Cetak Sawah Ta. 2018 Serta Penyerahan Alat Mesin Pertanian Di Distrik Makimi.

MITRAPOL.com, Nabire Makimi - Dinas Pertanian Kab. Nabire bekerjasama dengan TNI menyelenggarakan kegiatan tanam perdana pada lahan cetak sawah 2018 serta penyerahan alsintan kepada para pok tani yang tersebar di distrik Makimi Sabtu,(15/9/2018).


Penanaman perdana padi di lahan cetak dilaksanakan di Kampung Legari Jaya SP 2 Distrik Makimi Kab. Nabire, hadi dalam acara ini Danren 173/PVB Kolonel Inf. Heri Rustandi, Kadistan Provinsi Ir. Samuel siriwa, Kasiter Rem 173/PVB Letkol Inf. Ganda Simatupang SE, Dandim 1705/Paniai Letkol inf. Jimmy T.P Sitinjak, Kapolres Nabire AKBP Sony M. Tampubolon, Sekda Kab. Nabire Drs. I Nyoman Mintaya, Danyonif RK 753/AVT Mayor inf. Sulaiman, Kadistan Kab. Nabire Syarifudin S.P, Pasiter Kodim 1705/Paniai Kapten Inf. I. Rumi, Kepala RRI Kab. Nabire Ida Ayu Evi Handayani S.H, M.H., Danramil 1705-04/Napan Lettu Inf. Sunata, Kaposek Makimi Iptu Agus Suprayitno, Sekdes legari Suparno.

Dengan tema Pembangunan pertanian di Kab.Nabire Menuju Kedaulatan Pangan Daerah, dinas pertanian bekerjasama dengan TNI di wilayah Korem 173/PVB melaksanakan program cetak sawah yang dilaksanakan di 4 titik posko tersebar di Kab. Nabire dengan lahan total perluasan seluas 200 Ha.


Khusus untuk Daerah Makimi luas lahan program cetak sawah adalah seluas 68 Ha, seluruhnya sudah rampung dan lahan juga sudah siap untuk diolah oleh para petani.

Hari ini dilaksanakan kegiatan tanam perdana dengan maksud dan tujuan agar para petani lebih bersemangat dalam mengolah lahan yang sudah disiapkan pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu para petani pada umumnya.


Dalam sambutanya Kadistrik makimi yang diwakili oleh Suparno (sekretaris desa) menyampaikan apresiasi atas kerja keras bapak-bapak yeng terlibat dalam mewujudkan program pemerintah yang bertujuan untuk kesejahtraan masyarakat yaitu meningkatkan ekonomi warga tani di bidang pertanian, namun kami selalu mengharapkan bimbingan bapak-bapak TNI maupun semua instansi yang terkait sehingga kab. Nabire bisa menjadi lumbung padi khususnya di distrik makimi. Ujar Suparno

Kasrem menambahkan, beliau menghimbau untuk para kelompok tani agar lebih semangat, karena bila berhasil maka para petani bisa mendapat keuntungan 30% dari modal, berkaitan dengan hama kita semua diharapkan sama-sama belajar karena dalam setiap musim hama yang menggangu bisa berubah-ubah maka dari itu peran serta para petani dibantu babinsa dan distan kita optimis bahwa nabire bisa menjadi lumbung padi yang bisa membantu program swasembada pangan pada khususnya.


Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan alsintan untuk mendukung program swasembada pangan khususnya di bidang pertanian, adapun alsintan yang didistribusikan ke petani yaitu berupa 2 buah traktor rida 2, 2 Buah traktor roda 3. dan 1 buah Kombatan. Penyerahan alsintan dilakukan oleh Kadistan provinsi dilanjutkan kepada perwakilan petani secara simbolis, kegiatan dilanjut dengan penyerahan bibit padi gogo secara simbolis yang dilakukan oleh Kadistan Kab. Nabire kepada salah satu pok Tani.

Dalam kesempatan ini Kasrem 173/PVB, Kasiter 173/PVB, Dandim 1705/Paniai, dan Kapolres Nabire juga diberi kesempatan untuk menyerahkan bantuan yang diserahkan kepada para petani kampung Legari dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima alat mesin pertanian. Kegiatan diakhiri dengan acara tanam bersama dan demonstrasi alsintan oleh Kasdim 1705/Paniai.



silviyana nasution
:
Unknown