MASIGNCLEANSIMPLE101

Tingkatkan Inovasi Desa Dinas PMD Buton Utara Gelar Sosialisasi P2KTD

MITRAPOL.com, Butur-Sultra - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara menggelar sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dan rapat kordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) di Hotel Mulia Ereke. Kamis, (13/9/2018).


Sosialisasi dan rapat kordinasi dibuka oleh Bupati Butur Abu Hasan didampingi Kadis DPMD Butur La Ode Syafri bersama tim gabungan OPD teknis inovasi desa lingkup Pemda Butur.

Peserta kegiatan diikuti oleh Tim Inovasi Kabupaten 8 orang, TPID 12 orang, pendaping desa 10 orang, dan pendamping lokal desa 20 orang. Kegiatan diselenggarakan tanggal 12 sampai 15 September 2018, di Hotel Mulia Ereke Buton Utara (Butur).

Tujuan kegiatan adalah peningkatan kapasitas teknis desa, meningkatkan kapasitas tim inovasi kabupaten TPID, pendamping desa dan pendamping lokal desa terhadap program inovasi desa, dan tersusunya rencana tindaklanjut di masing-masing tim.

Dalam sambutanya, Bupati Butur Abu Hasan mengatakan di desa harus ada kepemimpinan yang memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Tidak ada kesejahteraan kalau tidak ada peningkatan pendapatan, tidak ada peningkatan kalau tidak mampu mengkapitalisasi program-program unggul yang ada di desa, "ujar Abu Hasan didepan peserta.

Lantas dia menjelaskan, hal seperti ini bisa saja terus menerus kalu potensi-potensi yang ada di desa tidak bisa dikapitalisasi. Oleh sebab itu, kata Abu Hasan, setiap era selalu ada upaya untuk menjadikan desa itu sebagai basis ekonomi permanen dengan menghadirkan koperasi-koperasi dan usaha-usaha lainnya.

"Jadi di desa harus ada kepemimpinan, apakah kepemimpinan formal atau non formal. Harus ada figur-figur di desa untuk mendorong akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat, "tuturnya.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini menambahkan, kedepanya semakin membaik perekonomian dan pembagunan di desa. "Kita juga berharap dengan adanya program membagun desa di Buton Utara semakin inovatif sehingga akan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa, "harapnya,


David Wiridin

:
Unknown