MASIGNCLEANSIMPLE101

Ribuan Warga Padati Kirab Budaya di Bangsalrejo

MITRAPOL.com - Desa Bangsalrejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati Jawa Tengah menggelar Kirab Budaya yang dilaksanakan pada acara bersih desa atau sedekah bumi yang dilakukan oleh warga Bangsalrejo pada setiap tahunnya.

Kirab budaya yang menampilkan sosok orang tua yang berlaku seperti anak bayi  

Sedekah bumi merupakan tradisi tahunan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh warga bangsalrejo. Namun kegiatan acara tahun ini lebih meriah dibanding dengan tahun sebelumnya.

Tidak hanya hasil bumi dari seluruh potensi yang ada ikut di kirabkan mulai dari hasil kerajinan tangan, hasil home industri maupun hasil laut.

Pada acara kirab budaya tersebut ada sesuatu yang unik dengan menampilkan orang tua yang berprilaku seperti bayi, dengan dot dimulutnya. Keunikan itu membuat warga simpatik dan banyak warga merasa prihatin saat melihat figur ini.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat adanya peran aktif dari seluruh warga yang bergotong-royong. Semua kebutuhan yang diperlukan dalam hajat kirab terlaksana dengan baik dan lancar.

Selain kirab, acara sedekah bumi juga dihibur beberapa kesenian mulai dari wayang kulit, dangdut, dan ketoprak. Peserta kirab juga diikuti oleh beberapa sekolah mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

Menurut Kepala Desa Bangsalrejo untuk membangunkan semangat kebersamaan warga desa senantiasa kompak dalam kegiatan keagamaan dan sosial. Acara dilakukan sebagai ungkapan syukur karena diberikan hasil pertanian yang melimpah.

Kepala Desa juga berharap supaya tahun depan hasil perkebunan, pertanian dan hasil laut meningkat sehingga warga bisa hidup sejahtera. ■ agus/zhenvia

:
Unknown