MASIGNCLEANSIMPLE101

Lounching Tabloid dan Online Mitrapol Diharap Mampu Membawa Perubahan

MITRAPOL.com - Bertempat di Wisma Bhayangkari Mabes Polri Jl. Senjaya 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tabloid dan Online Mitrapol mengadakan Acara Lounching Perdana, Senin (5/9/2016). Tabloid Mitrapol yang sebelumnya bernama Tabloid Purnawirawan Polri yang dipimpin oleh Dadang Rachmat selaku Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Umum Drs. Roesmanhadi SH, MH, mengawali kariernya dibidang jurnalistik dengan jatuh bangun akibat persaingan keras media massa.
Pembagian piagam oleh Komnas Anak, yang dilakukan saat lounching Tabloid dan Online Mitrapol, Senin (5/9/2016). 

Sebelumnya pada tanggal 3-4 September 2016, Redaksi Mitrapol telah merampungkan Diklat Jurnalis yang mengundang narasumber dibidang jurnalistik diantaranya ; Sabam Leo Batubara mantan Wakil Ketua Dewan Pers periode 2007-2010 dan Kamsul Hasan selaku Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat.

Lounching Tabloid dan Online Mitrapol kali ini di ikuti ratusan wartawan dan wartawati Mitrapol dari seluruh nusantara yang juga dihadiri Irjen Pol (Purn) Drs. Putera Astaman selaku Dewan Penasehat Mitrapol, Suwandi selaku Dewan Pembina, Kapolri Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D yang diwakili Kepala Divisi (Kapenum)  Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, Kepala BNN RI Komjen Budi Waseso yang diwakili Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN Kombes Pol Slamet Pribadi, Ketua Komnas Anak Arist Merdeka Sirait, serta tamu undangan khusus Wakil Bupati Merauke Sularso SE.

Irjen Pol (Purn) Drs. Putera Astaman 
Mengawali pembukaan Acara Lounching, sambutan Irjend Pol (Purn) Drs. Putera Astaman yang mengatakan bahwa semua perjuangan keras akan mendapat hasil yang baik, melalui tabloid dan online Mitrapol semoga semua keinginan dapat tercapai.

“Rekan Wartawan Mitrapol harus bisa bersaing secara professional dalam mewartakan sebuah pemberitaan. Kita harus kuat menghadapi perkembangan zaman dimana media massa berkembang dengan pesat,” terang Putera Astaman.

Masih katanya, Peluncuran Tabloid Mitrapol ini penuh dengan tantangan karena dalam mengelola sebuah media cetak bukan hal yang mudah, menjalankan manajemen media cetak itu tidak gampang. Maka dari itu kita harus bisa bersaing dengan media cetak dan online yang lain.

Putera Asataman juga berharap agar Tabloid Mitrapol harus bisa bersaing secara sehat dengan Media Massa lain. Sebab Mitrapol bukanlah suatu organisasi atau usaha yang bermodal besar maka dari itu semua awak media Mitrapol harus mampu bersaing jika ingin menang dalam persaingan.

“Kita harus siap, kita harus siggap, kita harus kuat, dan kita harus profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik jika kita tidak menerapkan itu acara louncing Tabloid Mitrapol akan sia-sia adanya ,” tegas Putera Astaman.

Tabloid Mitrapol, lanjutnya, juga bermitra dengan intansi-intansi pemerintah diseluruh Indonesia seperti Kepolisian, BNN, dan Komnas Perlindungan Anak.

Kombes Pol Martinus Sitompul Kepala Divisi Penerangan Mabes Polri

Kepala Polisi Republik Indonesia Jendral Tito Karnavian dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Kombes Pol Martinus Sitompul Kepala Divisi Penerangan Mabes Polri, memaparkan, Kepolisian Republik Indonesia telah bersinergi dengan seluruh media masa, mau itu media cetak, media elektronik dan media online lebih khusus Tabloid dan media Online Mitrapol yang memang sudah menjalin kerjasama dengan Mabes Polri tentang publikasi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh Media Masa khususnya Tabloid Mitrapol yang sudah mau bersinergi dengan Polri, dalam hal ini Mitrapol juga harus bisa memberikan dan menyuguhkan pemberitaan yang proporsional kepada masyarakat agar kinerja Polri menjadi semakin baik kedepannya,” tutup Kapolri.

Kombes Pol Martinus Sitompul, menambahkan, belum lama ini Divisi Humas Mabes Polri menjalin silaturahmi dengan pemimpin redaksi dan penunggungjawab Media Online Non Mainstream.

“Kami lakukan itu guna mencegah pemberitaan yang mengandung SARA, Intoleran, Radikalisme, Rasis, serta Anti NKRI yang selama ini beredar di masyarakat dengan bebas,” ujar Martinus.

Media cetak, kata Martinus, saat ini dirasa sudah mulai memudar dan ketinggalan zaman, maka dari itu Media Online menjadi salah satu langkah efektif bagi Polri untuk membenahi pencitraannya.

Martinus Situmpul juga berharap agar Mitrapol mampu bersaing dengan media-media besar yang sudah dahulu malang melintang dan mampu bersinergi dengan Polda dan Polres se-Indonesia.

"Silahkan Mitrapol mengawasi kinerja kami di kepolisian, jika ada polisi yang menyimpang laporkan kepada kami di Mabes Polri," ujar Martinus Sitompul.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN Kombes Pol Slamet Pribadi 

Sementera Kepala BNN RI Komjen Budi Waseso yang diwakili Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN Kombes Pol Slamet Pribadi dalam sambutannya menjelaskan, BNN siap bekerjasama dengan siapapun terutama kepada pihak media massa.

"Kalian jangan mau diatur oleh pejabat BNNP atau BNNK jadilah jurnalis yang profesional jika rekan Mitrapol di daerah melihat ada pejabat kami yang melenceng dari tugasnya silahkan laporkan kepada saya, BNN RI terbuka untuk masyarakat dan rekan media," tutur Slamet Pribadi.

Kombes Pol Slamet Pribadi juga menambahkan bahwa Jurnalis adalah mitra BNN dan Mitrapol juga merupakan mitra kami. “Intinya pak Buwas menyampaikan pesan pribadinya kepada saya, Kepala BNN mengucapkan Selamat dan Sukses atas terbitnya Tabloid dan Online Mitrapol. Semoga Mitrapol menjadi media yang memberitakan kebenaran bukan hanya mengikuti isu yang digiring oleh publik,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu juga dibagikan piagam penghargaan dari Komnas Anak kepada Pemimipin Umum Tabloid Mitrapol, Dewan Penasehat, Polri dan BNN.

Arist Merdeka Sirait Ketua Komnas Anak 

Arist Merdeka Sirait Ketua Komnas Anak mengatakan, kami sudah bermitra dengan Tabloid ini sudah lama, dulu namanya Tabloid Purnawirawan Polri, dan kerap memberitakan kasus kekerasan anak sehingga Komnas Perlindungan Anak Indonesia bergerak cepat setelah mengetahui informasi dari Tabloid ini, namun sekarang namanya diganti menjadi Mitrapol.

“Dalam kesempatan berbahagia ini saya selaku Komnas Anak memberi Apresiasi dan Piagam Penghargaan kepada Jenderal (Purn) Drs. Roesmanhadi SH, MH sebagai Tokoh Polri dan Pimpinan Umum Mitrapol dan Irjen Pol (Purn) Putera Astaman selaku Dewan Penasehat Mitrapol, serta kepada BNN diwakili Kompol Slamet Pribadi dan Divisi Humas Mabes Polri diwakili Kombes Pol Martinus Sitompul.



"Mari Mitrapol terus memberitakan kasus kekerasan anak, memutus mata rantai kejahatan terhadap anak agar anak-anak didaerah yang kurang mendapat respon dari penegak hukum mendapatkan Keadilan," tegas Arist.

Pada puncak acara penutupan lounching di teriakan yel-yel dengan bersama-sama bergandengan tangan membentuk lingkaran dan menyanyikan lagu kemesraan.

"Terima Kasih atas kehadirannya dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, kami akan menjunjung tinggi norma-norma dan etika Jurnalisme yang tertera dalam UU Pers. Semoga dedikasinya kepada kami menambah semangat kami dalam bertugas, Merdeka, Stop Narkoba dan Stop Kekerasan Anak," teriak Dadang Rachamat menutup acara. ■ red










:
Unknown

avatar
Unknown

kasus wali murid gampar guru di sdn jurangmangu barat 01 kec.pondok aren kota tangerang selatan tholong di liput dong bos...
kmrn ada rekan dari mitra pol dateng,beri pukulan keras untuk si pelaku wali murid itu..

21 September 2016 pukul 18.27