MASIGNCLEANSIMPLE101

Dinkes Dharmasraya dan Provinsi Gelar Tes Darah

MITRAPOL.com - Dinas kesehatan Kabupaten Dharmasraya berkerja sama dengan Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, mengadakan kegiatan tes darah terhadap perkerja tempat hiburan malam karoke yang ada di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Dan lebih kurang 86 orang pekerja kafe karoke telah melakukan tes darah dari hasil tersebut,diduga Tiga Orang Positif terindikasi virus HIV pada hasil tes tahap pertama ini.



Hasil kegiatan tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Dr Rahmadian melalui Kepala Bidang Pejegahan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya Dr. Helmi serta di dampingi kasi P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya Murhardison saat di temui di kantornya pada hari Rabu (10/05).

Dia mengatakan bahwa betul sekali berapa minggu lalu bersama Tim dari Dinas kesehatan Propinsi Sumatera Barat melakukan kegiatan tes darah terhadap perkerja atau karyawan tempat hiburan malam karoke yang ada di Kecamatan Pulau Punjung yang semuanya ada 12 tempat hiburan malam karoke dan sebanyak lebih kurang 86 orang telah melakukan tes darah, dengan alat tes darah yang di bawah lansung ke tempat tersebut. Dari hasil yang dilakukan sementara ini diduga tiga orang positif terkena virus HIV.

“HIV adalah singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus”. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Kami akan melakukan tes tahap berikutnya untuk memastikan virus tersebut terjakit ke tempat yang lain, ada berapa orang yang enggan untuk melakukan pemeriksaan tes darah tetapi upaya kami tetap berhasil untuk membujuk mereka melakukan tes darah tersebut,” terang Helmi.

Dia juga berharap agar warga masyarakat kita bersama sama saling menjaga lingkungan untuk kesehatan kita semuanya, ucap dr. Helmi. efrizal
:
Unknown