MASIGNCLEANSIMPLE101

Kondisi Lapas Kelas III Terbengkalai, Kalapas Harapkan Realisasi

MITRAPOL.com – Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, saat ini sangat memprihatinkan dalam keadaan terbengkalai dan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Dharmasraya tersebut sudah hampir lebih kurang 9 tahun belum juga rampung.



Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya Ahmad Junaidi yang di temui di ruangan kerja pada hari Selasa (16/05) mengatakan, Ini lah kondisi Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya yang masih seperti ini.

“Sampai saat ini kegiatan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya belum berjalan semana mestinya sesuai yang di harapkan, ruangan untuk para binaan serta ruangan kantor yang layak saja belum ada,” terang Ahmad.

Untuk kondisi Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya ini di bangun semenjak 2015 sampai saat sekarang belum bisa di aktifkan. Karena ini sangat perlu sekali sebab Kabupaten Dharmasraya merupakan daerah paling ujung di perbatasan Sumatera Barat dengan Kabupaten Bungo Jambi.
Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya nantinya bisa sebagai tempat transit para binaan yang akan di tampung pada lapas ini. “Kalau pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya selesai ini merupakan lapas yang termegah di Sumatera Barat. Saat ini sudah ada 11 ruang tahanan dan nantinya, jika memang aktif, masing-masing ruang akan diisi sekitar 10 orang warga binaan,” tandas Kalapas.

Sementara menurut informasi yang saya terima dari Lapas Kabupaten Sijunjung lebih kurang 60% warga binaan di lapas tersebut berasal dari Kabupaten Dharmasraya. "Apabila, bangunan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas III Kabupaten Dharmasraya selesai dan dapat di aktifkan seperti lapas yang lainnya, untuk keluarga binaan yang berasal dari Kabupaten Dharmasraya akan ringan untuk biaya transportasi menuju lapas Dharmasraya yang selama ini memakan waktu perjalanan dan biaya menuju ke Lapas Kabupaten Sijunjung,” ucap Ahmad Junaidi kepada awak media. efrizal
:
Unknown