MASIGNCLEANSIMPLE101

SMPN 3 Bodeh Diduga Memungut Iuran Sekolah

MITRAPOL.com - Kepala Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 3 Bodeh Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Slamet Subroto tidak menampik bahwa pihaknya mengambil iuran sekolah untuk pembangunan mushola sekolah. Iuran yang dibebankan kepada siswa kelas lX itu hasil dari kesepakatan rapat komite dengan pihak sekolah belum lama ini.



Saat MITRAPOL.com, Jumat (5/5/2017) menyambangi Slamet Subroto di ruang kerjanya mengatakan iuran dari siswa kelas 1× , “tapi iuran tersebut bersifat sukarela atau infak yang sebelum nya sudah melalui kesepakatan bersama dalam rapat komite,” bebernya.

Hal itu berbeda dari keterangan sejumlah orang tua siswa yang tidak mau di sebutkan nama nya yang menyampaikan bahwa pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 dan komite telah menyepakati nilai iuran sebesar Rp. 275 ribu per siswsa. Bahkan jelang pelepasan siswa kelas IX pihak sekolah juga diduga mengadakan iuran sebesar Rp 30 ribu kepada siswa kelas IX yang tercatat berjumlah 196 siswa tersebut.

Terkait dengan hal itu berdasarkan Perpres No.87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih, laporan iuran dapat dikategorikan pungli sebab setidaknya ada 47 laporan kategori pungli, satu diantaranya mengadakan iuran walaupun bersifat sukarela. tim
:
Unknown