MASIGNCLEANSIMPLE101

Imaculata dan Polres Metro Jaksel siap Perangi Predator "Monster Anak"

MITRAPOL.com - Kepolisian Resort Metropolitan Jakarta Selatan bekerja sama dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) dalam hal pencegahan dan antisipasi guna meminimalisir kekerasan terhadap anak.


Hari ini Rabu (24/1) di Mapolres Metro Jakarta Selatan diadakan seminar yang dihadiri Ibu Bhayangkari Polres Jakarta Selatan, Persit KCK Kodim 0504, anggota perwakilan Polsek se-Kotamadya Administrasi Jakarta Selatan. Tema yang diangkat kali ini adalah ”Penanggulangan, Deteksi, Respon dan Tindakan Nyata pada Kekerasan terhadap anak (trauma Healing)”.

Dr. Imaculaya Umiyati, S.Pd, M.Si sekalu Komisiomer Komas Anak yang juga pakar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) sebagai pembicara dalam seminar tersebut menyampaikan, bahwa orang tua dalam kondisi darurat kejahatan anak yang kian marak patut "Extra Waspada" dan jangan mudah percaya kepada siapapun demi yang terbaik untuk anak.


"Orang tua harus jeli terhadap tempat bermain anak, pos kosong atau rumah kosong, tempat nongkrong, lapangan, tempat ibadah kemudian kita harus jeli terhadap waktu kapan predator anak tahu dan mengintai dikala waktu ibu sibuk dalam rumah dan waktu anak bermain sore, ini sangat berbahaya jika kita tidak waspada", papar Bunda Ima sapaan Imaculata.

Sehingga lanjut Bunda Ima, waspada adalah kunci utama oleh karenanya segera komunikasikan jika ada kejahatan atau kekerasan terhadap anak, lingkungan perlu merespon terutama lingkungan RT/RW disekitar kita, menurut Doktor yang mengabdikan diri 30 tahun lebih di Dunia Pendidikan Anak Autis itu jika, RT/RW sudah turut serta mencegah kasus kekerasan terhadap anak akan semakin dapat kita kikis dan kita hilangkan sehinggan menjadi lingkungan ramah anak sampai kota atau kabupaten ramah anak.


"Pesan saya, buat anak-anak merasa nyaman dan damai dirumah, dan ketika melihat ibu dirumah akan merasa damai. Jangan membiarkan anaknya bepergian atau keluar rumah tanpa pengawasan orang tua, sebab Predator sekarang ada dimana-mana dan kebanyakan Predator anak adalah orang-orang terdekat kita, bisa ayah kandungn, ayah tiri, paman, bahkan guru dan orang yang dianggap akan melindungi justru banyak yang menjadi Predator", imbuhnya.

Acara dihadiri Ketua Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol. Mardiaz K.Dwihananto, SIK, MHum, Wakapolres Metro Jaksel AKBP Budi Sartono serta Pelaksana Harian (PLh)  Kepala Biro Humas KPK, Yuyun Andriati. Acara ini akan berlanjut dengan safari memutus mata rantai dan trauma healing pada anak dengan berkeliling setiap hari Rabu bersama Imaculata dan Polres Jaksel, dengan sasaran anak jalanan, sekolah-sekolah se-Jakarta Selatan tingkat SD dan SMP supaya tidak terjadi bullying dan juga memberikan terapi pada korban Trauma Healing.


Reporter : ZDR
:
Unknown