MASIGNCLEANSIMPLE101

TNI Prihatin, Babinsa Bantu Warga Agats-Asmat yang Derita Sakit

MITRAPOL.com – Adanya kabar duka sebanyak 68 balita yang meninggal dunia menjadi perhatian dan keprihatinan dari berbagai pihak di Asmat, Papua.



Keprihatinan ini juga dirasakan oleh Prajurit TNI khususnya para Babinsa terutama yang sedang bertugas di Kabupten Asmat. Bentuk keprihatinan tersebut tertuang dengan saling bahu membahu tak kenal lelah membantu masyarakat khususnya yang sedang dilanda wabah agar segera mendapatkan pertolongan dari Tim Kesehatan TNI.

Dengan menggunakan speedboot para personil TNI mendatangi kampung-kampung terpencil untuk mengecek adanya warga yang sakit, baik dewasa terutama anak-anak dan bila ditemukan warga yang sakit langsung diajak dan diangkut ke pos-pos pelayanan kesehatan terdekat.

Sebelumnya Satgas Kesehatan TNI berkolaborasi dengan Pemda setempat dan unsur terkait telah menentukan 9 titik pelayanan kesehatan yang tersebar ke seluruh wilayah Kabupaten Asmat, yakni masing-masing titik pelayanan ditempatkan dokter dan paramedis yang siap memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan kepada warga.

Sedangkan rujukan utamanya ke RSUD Agast. Para Babinsa tidak canggung-canggung memapah bahkan mengendong warga dan anak-anak yang sakit agar segera mendapatkan pertolongan pengobatan.

Kopral Rudi, Babinsa Koramil 1707-08 Agats mengatakan, bahwa pihak TNI tidak memandang warna kulit dan agama, yang dilihat bahwa mereka adalah manusia yang saat ini sedang membutuhkan pertolongan.

"Saya membayangkan mereka seperti anak sendiri, betapa sedihnya bila anak sendiri yang mengalami nasib seperti mereka," ucap Rudi.

Saat di konfirmasi, Kolonel Inf. Muhammad Aidi mengatakan bahwa, Pangdam XVII/Cenderawasi Mayjen TNI George Elnadus Supit selaku Pangkolakops penanggulangan bencana telah menugaskan 93 orang Babinsa untuk membantu Tim Bhakti Kesehatan TNI dalam melaksanakan pelayanan Kesehatan kepada Warga Asmat.

"Dalam pelaksanaan tugas penanggulangan bencana kesehatan ini dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan selaku Dansatgas, Satuan Tugas ini diberi nama Satgas Bhakti Kesehatan TNI KLB Asmat," tutupnya.

Reporter : ronald karambut
:
Unknown